Mengenal SQLite Database Pada Aplikasi Android

android 20 Nov 2015

Mengenal SQLite Database Pada Aplikasi Android. SQLite adalah database SQL opensource yang sudah built in pada device android. Setiap aplikasi memiliki SQLite database sendiri, database ini dapat diakses oleh setiap class pada aplikasi,tapi tidak bisa diakses oleh aplikasi lain. Database SQLite dibuat pada aplikasi selalu disimpan dalam /data/data/<nama package>/folder database.

SQLiteOpenHelper

Untuk membuat dan meng-upgrade database pada aplikasi android gunakan subclass dari class SQLiteOpenHelper.
Pada class ini kamu perlu override method berikut ini untuk membuat dan meng-upgrade database.

– onCreate(), dipanggil ketika database dapat diakses namum belum dibuat.
– onUpdate(), dipanggil ketika aplikasi diupgrade dan nomor versi telah berubah pada kode aplikasi android. method ini memungkinkan untuk memperbarui(update) skema database yang ada atau drop database yang ada dan menciptakan kembali melalui method OnCreate ().

class SQLiteOpenHelper menyediakan method getReadableDatabase () dan getWritableDatabase (), untuk mendapatkan akses ke objek SQLiteDatabase.

Berikut dua pola desain database untuk membuat aplikasi Android yang baik.

level 2 design sqlite database

Level 2 design Database SQLite


level 3 design database sqlite

Level 3 Design Database SQLite

Demikian Mengenal SQLite Database Pada Aplikasi Android.Untuk Tutorial Membuat SQLite database pada Aplikasi Android akan menyusul. Ikuti terus teknorial.com untuk mengetahui banyak hal tentang pemrograman android. Jangan lupa untuk Like Fanspage Teknorial di Facebook dan Google Plus untuk mendapatkan update terbaru dari teknorial.com . Jika ada pertanyaan jangan ragu untuk bertanya dikotak komentar. Terima Kasih

Tag

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.