Pengenalan Kotlin

Pada Google I/O 2017, tim Android telah mengumumkan Kotlin menjadi bahasa resmi untuk pengembangan aplikasi Android, meskipun Java tetap dapat digunakan. Google juga meyakinkan bahwa kotlin dapat bekerja dengan mulus terhadap setiap fitur Android terbaru dan IDE Android Studio.

Dengan menggunakan bahasa Kotlin kita dapat memanfaatkan semua fitur bahasa pemrograman modern saat mengembangkan Aplikasi Android. Sebelum lanjut membuat aplikasi Android dengan Kotlin, ada lebih baiknya kita mengetahui sedikit tentang kotlin dan beberapa fiturnya

Apa Itu Kotlin ?

Kotlin adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Jetbrain, merupakan sebuah perusahaan yang membangun Intellij IDEA, Android Studio yang sering kita gunakan merupakan berbasis Intellij. Jetbrain juga Mendesain kotlin mudah dipelajari oleh Java Developer. Sebagian besar sangat mirip dengan java dan perbedaannya dapat mudah kita pelajari dalam waktu singkat.

Beberapa fitur menarik dari kotlin yang akan dapat memudahkan kita dalam pengembangan aplikasi android :

  1. Expressiveness
    Dengan Kotlin kita mudah menghindari boilerplate karena sudah menyediakan banyak pola umum yang di sederhakan oleh kotlin secara default. Salah satu saat kita membuat data class.

    java vs kotlin

  2. Null Safety
    Pada Kotlin kita dapat mendefinisikan secara ekplisit object yang dapat null atau tidak dengan safe call operator (?).

    null safety

  3. Extension Functions
    Kamu dapat menambahkan function baru di class mana pun. Contohnya kita menambahkan method baru ke activity untuk menampilkan toast.

    lamdas

  4. Lamdas
    Biasanya kita mendeklarasikan anonymous class setiap mau mengimplementasikan click listener. Pada Kotlin kita dapat membuatnya lebih sederhana menggunakan Lamdas.

    lamdas-6e7081d0147033b6830b8963522d87e1

Itulah beberapa fitur menarik yang dapat membantu kita membuat kode lebih simpel. Masih banyak fitur lain yang akan kita pelajari sambil membuat aplikasi Android. Selanjutnya kita akan akan mulai membuat project dengan Kotlin dan membuat aplikasi perhitungan matematika seperti tutorial sebelumnya, namun menggunakan Kotlin. Tetap semangat belajar. Terima kasih.