Pengenalan Android

Saat ini tren android terus mengalami peningkatan, sehingga kebutuhan dalam pengembangan aplikasi juga ikut meningkat. Untuk kita yang ingin memulai belajar pengembangan aplikasi android. Sangat penting mengetahui tentang android dan tool dalam pengembangan aplikasi android.

Apa itu Android ?

android phone

Android adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google. Android didesain untuk penggunaan perangkat smartphone dan tablet. Google juga mengembangkan Android TV untuk televisi, Android Auto untuk mobil dan Wear OS untuk jam tangan, dengan UI (User Interface) khusus. Aplikasi Android dapat ditulis dengan bahasa pemrograman Java, Kotlin, dan C++. Android SDK merupakan tool digunakan oleh developer yang terdiri dari debugger, library, emulator, dokumentasi, sample code dan tutorial.

Kenapa Memilih Membangun Aplikasi Android ?

Android merupakan sistem operasi yang masih eksis sampai saat ini. Perangkat smartphone Android saat ini menjadi kebutuhan utama seiring meningkatnya pertumbuhan teknologi seperti aplikasi on-demand yang terus bermunculan. Peningkatan ini terbukti dari [data] market share atau pangsa pasar android pada tahun 2020 tetap dominan dari pesaingnya iOS.

market share android

Banyak sektor bisnis telah memulai menggunakan mobile apps untuk meningkatkan penjualan atau pengaruhnya terhadap konsumen terutama saat pandemi COVID-19. Saat ini banyak bermuncul startup dengan menawarkan kemudahan akses barang atau jasa langsung dengan smartphone, sehingga kebutuhan akan Android Developer terus mengalami peningkatan. Keputusan untuk menginvestasikan waktu kita dalam belajar pengembangan aplikasi Android dirasa sangat tepat dengan melihat tingginya kebutuhan akan teknologi mobile apps, sehingga kita dapat menjadi salah satu pembuat solusi yang berdampak terhadap masyarakat luas.

Pilih Java atau Kotlin ?

Kotlin telah dideklarasikan sebagai bahasa pemrograman resmi untuk pengembangan aplikasi Android oleh Google. Kotlin lebih sederhana dari Java, namun sebaiknya jika kita baru belajar pemrograman Android untuk mencoba menggunakan Java. Jika kita sudah pernah menggunakan Java dalam pengembangan aplikasi Android, saat berpindah menggunakan Kotlin kamu bakal merasakan magic dari Kotlin. Dalam Kursus Pengenalan Pemrograman Android, kita akan belajar membuat aplikasi dengan menggunakan Java dan Kotlin.

Mengenal Playstore sebagai Official Store Aplikasi Android

Google Play (sebelumnya Android Market) adalah layanan konten digital milik Google. Google Play Store sebagai official store untuk sistem operasi android yang mengizinkan user mencari dan mendownload aplikasi yang dibangun dengan Android Software Development Kit (SDK) dan telah dipublikasi melalui Google Play Console. Google Play juga menyediakan produk digital lainnya seperti buku dan film.

Untuk mempublish aplikasi android, kita membutuhkan akun [Google Play Developer Console]. Untuk mendapatkan akun Google Play Developer Console kita memerlukan credit card dan biaya pendaftaran sebesar 25$. Jika kamu tidak memiliki Credit Card, dapat menggunakan solusi lain menggunakan e-card Jenius atau BNI VCN. Jika kamu mengalami kesulitan membuat akun Google Play Developer Console, bisa bertanya di grup telegram kami.

*Daftar Google Play Console

Kita telah mengenal sedikit tentang pemrograman Android. Klik tombol selanjutnya di bawah, kita akan lanjut belajar tentang Android Studio yang akan digunakan untuk membangun Aplikasi Android. Bagi Kamu yang belum bergabung grup telegram teknorial bisa menekan link berikut ini [https://t.me/teknorialcom]. Terima kasih.