Instalasi Android Studio di Linux

Kelebihan menggunakan Android Studio di Linux adalah Android Studio dapat berjalan lebih ringan karena sistem operasi linux biasanya sedikit mengambil resource daripada windows. Linux bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin menggunakan Android Studio namun kendala perangkat yang lambat dalam menjalankan Android Studio di sistem operasi Windows. Pada tutorial ini saya menggunakan KDE Neon 5.20, kamu bisa juga menggunakan Ubuntu, Linux Mint, Debian atau distro lainnya. Ikuti langkah - langkah berikut menginstall Android Studio di Linux .

  1. Download Android Studio dengan link berikut [Disini].
    download android studio linux os

  2. Setelah berhasil mendownload, kemudian extract dan pindahkan folder hasil extract bernama android-studio kedalam home seperti gambar berikut.
    android-studio-folder

  3. Buka Terminal atau shortcut CTRL + ALT + T dan ketik perintah seperti berikut :

    cd android-studio/bin
    ./studio.sh
    

    welcome Android Studio

  4. Klik Next sampai Finish untuk melanjutkan proses install. Setelah itu Android Studio akan mendownload semua komponen yang diperlukan.
    Downloading Components

  5. Setelah berhasil mendownload komponen. Klik Finish.
    Downloading Components

  6. Android Studio telah berhasil diinstall dan akan muncul window Welcome to Android Studio seperti gambar berikut.
    welcome to android studio

  7. Untuk memudahkan kita membuka kembali Android Studio tanpa menggunakan terminal seperti sebelumnya. Klik Configure -> pilih Create Desktops Entry dan Klik OK.
    welcome to android studio

  8. Sekarang Android Studio akan terlihat pada Application Launcher di Linux seperti pada gambar di berikut.
    app launcher linux

Demikian tutorial Instalasi Android Studio di Linux. Jika kamu memiliki kesulitan dalam mengikuti tutorial ini, jangan ragu bertanya dalam grup telegram. Klik tombol selanjutnya, kita akan mempelajari Mengenal Lebih Dekat dengan IDE Android Studio. Terima Kasih