Instalasi Android Studio di Windows

Android Studio dapat download pada website Resmi Android Developer di [developer.android.com]. Berikut Langkah - langkah untuk instalasi Android Studio:

  1. Setelah download Android Studio, klik file installer maka akan muncul tampilan Welcome to Android Studio Setup. Klik Next untuk melanjutkan proses install.
    Android Studio Setup

  2. Pada tampilan berikutnya, kita dapat melihat komponen yang akan diinstall yaitu Android Studio dan Android Virtual Device. Kita juga dapat melihat space yang dibutuhkan untuk install komponen tersebut. Klik next untuk melanjutkan proses install.
    choose componenets

  3. Kemudian akan muncul tampilan untuk mengatur lokasi penyimpanan untuk Android Studio. Kita dapat juga mengubah lokasi penyimpanan dengan tombol browse... dan pilih lokasi yang diinginkan. Setelah itu klik next.
    install location

  4. Untuk pengaturan start menu folder untuk Android biarkan default, kemudian klik next untuk menjalankan proses install.
    android studio start menu folder

  5. Jika proses install Android Studio selesai maka akan muncul halaman seperti berikut.
    completing and

  6. Klik Finish untuk membuka Android Studio.

  7. Setelah proses instalasi Android Studio kita dapat melihat tampilan Android Studio Setup Wizard, disini akan mengkonfigurasi IDE Android Studio dan mendownload Android SDK.
    Android Studio Setup Wizard

  8. Untuk pemilihan setup Android, kita pilih standard saja untuk penganturan Android Studio yang direkomendasikan. Pilih Custom, jika ingin kustomisasi pengaturan Android Studio dan SDK.
    Install type

  9. Kemudian kita dapat memilih tema untuk Android Studio yaitu Darcula dan Intellij. Jika kamu suka editor yang berwarna gelap pilih darcula. Klik next.
    Select UI theme

  10. Pada halaman ini kita dapat melihat konfigurasi dari Android Studio yang sudah dipilih. Kemudian klik finish untuk mendownload komponen yang dibutuhkan. Pada proses ini membutuhkan koneksi internet.
    verify settings

  11. Tunggu sampai selesai proses download komponen. Kemudian klik finish.
    Downloading Components

  12. Setelah proses download komponen, kita dapat melihat halaman depan dari Android Studio.
    welcome to android studio

Kita telah berhasil menginstall Android Studio pada sistem operasi Windows. Selanjutnya kita akan belajar cara menginstall Android Studio pada sistem operasi Linux. Jika kamu tidak menggunakan Linux dapat langsung melompati ke tutorial Mengenal Lebih Dekat dengan IDE Android Studio. Terima kasih.