1. Pengantar

Ditengah wabah virus corona atau covid-19, banyak masyarakat yang ikut andil dalam membantu mengurangi penyebaran virus. Baik secara stay di rumah, membuat dan membagi-bagikan masker, hand sanitizer secara gratis atau dengan memanfaatkan peluang untuk meraup keuntungan dengan memproduksinya dan menjualnya kembali. Namun dalam penggunaannya masyarakat sering kali mengabaikan  saat menekan hand sanitizer masih terjadi kontak langsung dengan tangan. Bisa jadi tempat tekan hand saniter terdapat virus atau bakteri yang menempel. Sehingga potensi untuk penularan covid-19 masih ada.

Viral di sosial media banyak yang membagikan tutorial membuat hand sanitizer / hand wash otomatis yang dapat mengeluarakan cairan pembersih tanpa harus menekannya. Alat ini mengunakan sensor jarak (ultrasonic, IR) sebagai sinyal input untuk mendeteksi adanya halangan di depan, dan akan di proses oleh Arduino, yang selajutnya menggunakan motor servo sebagai output yang bertugas sebagai pendorong tombol tekan hand sanitizer. Penasaran dengan cara pembuatanya? Yuk ikuti langkah-langkah di bawah.


2. Komponen

Adapun alat-alat yang di perlukan, sebagai berikut :

  • Arduino Mega

Arduino-mega.jpg (69 KB)

  • Sensor IR Infrared Obstacle Avoidance

Sensor-IR-Infrared-Obstacle-Avoidance.jpg (53 KB)

  • Micro Servo SG90

Micro-Servo-SG90.jpg (59 KB)

  • Kabel Jumper Male Female 20 Cm

Kabel-Jumper-Male-Female-20-Cm.jpg (69 KB)

  • Adapter DC 9-12V

Adapter-DC-9-12V.jpg (34 KB)

  • Lem tembak / lilin

Lem-tembak -lilin.jpg (29 KB)

  • Lem super glue

Lem-super-glue.jpg (8 KB)

  • Botol hand Sanitizer 

Botol-hand-Sanitizer.jpg (13 KB)

  • Acrylic Bening Transparant

Acrylic-Bening-Transparant.jpg (59 KB)

  • Kabel tunggal atau tali

Kabel-tunggal-atau-tali.jpg (19 KB)


3. Design Elektrikal

Setelah bahan sudah terkumpul, selanjutnya kita akan mencoba merakit hand sanitizer, silahkan kalian menghubungan Arduino dengan Sensor IR Infrared dan micro servo, seperti wiring diagram berikut :

wiring-diagram-hand-sanitizer.jpg (32 KB)

  • Sambungkan Arduino mega dengan laptop, jangan lupa menyesuaikan type board dengan COM di laptop kalian supaya program dapat di upload.

Sambungkan- Arduino-mega-dengan-laptop.jpg (60 KB)

  • Sambungkan Sensor IR Infrared sesuai dengan wiring diagram di atas, saat pin 5v dan GND terhubung lampu led pada Sensor IR Infrared akan menyala, dan hubungkan pin OUT ke pin digital pada Arduino, saya di sini menghubungkan pin 2 sesuai dengan wiring diatas.

Sambungkan-Sensor-IR-Infrared.jpg (65 KB)

  • Sambungkan micro servo sesuai dengan wiring diagram di atas, jangan sampai terbalik, kabel warna merah/coklat pada pin GND, merah untuk pin 5V dan warna kuning untuk pin out, pada project ini saya menghubungkan ke pin 8 dan 9.

Sambungkan-micro-servo.jpg (32 KB)


4. Program

Untuk mendeteksi jarak bisa menggunakan beberapa modul seperti sensor ultrasonik ataupun inframerah, pada sensor infamerah pun ada beberapa jenis tergantung kegunaanya. menggunakan sensor ultasonik dapat lebih leluasa untuk mengatur jarak yang di deteksi, tetapi agak membingungkan untuk pemula kerna memerlukan coding yang cukup panjang. Karena jarak yang di perlukan tidak terlalau jauh dan memiliki ke akuratan yang konstan saya lebih memilih Sensor IR Infrared Obstacle Avoidance untuk project kali ini dan menggunakan motor micro servo sebagai penarik untuk menggerakkan tombol penutup hand sanitizer, berikut programnya :

coding-hand-sanitizer.gif (30 KB)

Untuk programnya dapat kalian ketik seperti kode di bawah :

#include <Servo.h>
  Servo servo1, servo2;

  void setup ()
  {  servo1.attach(8);
     servo2.attach(9);
     pinMode(2,INPUT_PULLUP);  }
  
    void loop ()
  {
    if
    (digitalRead(2) == HIGH)
    {
    servo1.write(0);
    servo2.write(0); 
    }
    else
    {
    servo1.write(120); 
    servo2.write(120);
    delay (1000);
    }
  }

5. Hasil Akhir

Setelah kalian selesai mengikuti langkah2 di atas, kurang lebih hand sanitizer yang kalian buat akan berbentuk seperti ini :

hand-saitizer-otomatis.jpg (40 KB)

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara pengerjaan project ini, kalian dapat melihatnya di  :

Demikian tutorial Project membuat Hand Sanitizer Otomatis.  Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar. Terima Kasih :)