Dalam acitivity_main.xml kita dapat melihat di dalam widget  terdapat atribut seperti dalam garis merah pada gambar berikut.

kode activity main

RelativeLayout sebagai Elemen root wajib memasukan namespace dari android seperti berikut. 

xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"

Pada Atribut android:layout_width dan android:layout_height sering digunakan hampir semua widget, fungsinya untuk mengatur lebar dan tinggi dari sebuah widget. Value dari atribut tersebut adalah match_parent dan wrap_content. Match_parent berfungsi membuat view dari widget menjadi sebesar parent dan wrap_content berfungsi untuk membuat view dari widget menjadi sebesar yang dibutuhkan oleh konten dari sebuah widget. Kenapa RelativeLayout menggunakan value match_parent pada attribut layout width dan layout_height ?, walaupun RelativeLayout sebuah elemen root, tetap memilik parent yaitu view dari perangkat android. Terakhir atribut pada widget RelativeLayout yaitu tools:context untuk mendeklarasikan activity yang digunakan oleh layout ini.

Pada widget Button kita dapat melihat attribut layout width dan layout_height menggunakan value wrap_content,jadi view button akan sebesar konten atau tulisan. Atribut layout_centerHorizontal dan layout_centerVertical berfungsi untuk membuat posisi widget pada tengah secara horizontal dan tengah secara vertikal. Terakhir atribut text untuk memasukan tulisan ke dalam widget.

Pada editor kita dapat melihat ada warning pada baris 14 android:text="Sentuh Aku" . Untuk melihat warning kamu bisa arahkan cursor pada area berwarna kuning. Kenapa IDE Android Studio memberikan informasi warning pada baris tersebut?. IDE menyarankan kita untuk meletakan semua teks pada strings.xml (res/values/strings.xml), ini lah best pratice untuk kita dapat mudah membuat aplikasi multi bahasa. Anda dapat dapat meninggalkan warning ini atau dapat langsung memperbaiknya dengan alt + enter pada area kuning/warning dan bisa juga dengan menekan lampu kuning seperti pada gambar berikut.

warning activity main

kemudian klik Extract string resource dan pada jendela Extract Resource klik ok.

extract resource

Setelah kita mengikuti saran IDE Android Studio maka activity_main.xml pada button di atribut text menjadi @string/sentuh_aku dan pada file strings.xml terdapat baris baru di dalam tag resources yaitu :  <string name="sentuh_aku">Sentuh Aku</string>.