Instalasi-Arduino-IDE.jpg (57 KB)

Menginstal software Arduino IDE sangat mudah, download program, install dan next next sampai selesai, Haha.. simpelnya sih gitu. Tapih saya akan membuat secara lebih terperinci cara penginstalannya. Untuk keperluan memprogram papan arduino di perlukan Sofware bernama Arduino IDE. Sofware ini open source, dapat di unduh secara gratis. Arduino IDE tersedia berbagai versi untuk Linux, MacOS, dan Windows.

Untuk langkah ini, tentunya kamu semua harus mempersiapkan board Arduino dan kabel USB. Untuk contoh kali ini, saya  mengunakan arduino Mega 2560. Untuk kabel USB yang digunakan, Arduino Mega 2560 menggunakan port USB (A plug to B plug), seperti kabel USB printer. Langsung saja kita mulai tahapan prosesnya.

Pertama download dulu Software Arduino IDE, dapat di download di :

https://www.arduino.cc/en/Main/Software setelah masuk ke halaman akan muncul seperti ini :

Download-Arduino-IDE.png (89 KB) 

Disini ada beberapa pilihan sesuai dengan operating system (OS) yang kita pakai, karena saya memakai OS Windows, maka saya akan pilih Windows Installer paling atas.

Download-Windows-Install-Arduino.png (92 KB)

kemudian akan tampil pilihan Download, "Just Download" atau "Contribute dan Download", bila ada rezeki berlebih tidak salahnya mendonasikan sedikit duit jajan kalian kesini, tapih kalau tidak ada, tidak masalah juga, kalian bisa mengklik Just Download, tunggu sampai proses selesai, saat tutorial ini di buat filenya berukuran 116 MB.

Just-Download-Arduino.png (88 KB)