Mengenal Linear Layout. LinearLayout merupakan viewgroup yang mengatur widget lainnya untuk menampilkan satu arah, secara vertikal dan horizontal. Kita dapat mengatur arah layout dengan mendefinisikan atribut android:orientation di widget LinearLayout. Jika kita mendefinikasikan android:orientation=”vertical”, anak (widget) di dalam LinearLayout akan ditumpuk satu sama lainnya secara vertikal. Berikut gambaran dari LinearLayout dengan orientasi secara vertikal.

linear-layout-vertikal.png (10 KB)

Jika kita mendefinikasikan android:orientation=”horizontal”, anak (widget) dalam LinearLayout akan ditampilkan satu baris secara horizontal. Berikut gambaran dari LinearLayout dengan orientasi horizontal.

linear-layout-horizontal.png (17 KB)

Sekarang kita mencoba membuat project android studio baru untuk mempelajari LinearLayout dengan orientasi secara vertikal dan horizontal. Buat project baru seperti biasa, di jendela choose your project pilih Empty Activity dan selanjutnya di jendela Configure your project ikuti seperti berikut :

  • Name: "Belajar Layout Android"
  • Package name: "com.teknorial.belajarlayoutandroid"
  • Language: Java
  • Biarkan opsi lain sebagaimana adanya.

Kemudian Klik Finish.

Setelah project berhasil dibuat, kita akan membuat layout baru berupa halaman login seperti pada gambar di bawah dengan menggunakan beberapa widget seperti :  TextView, EditText, ImageButton, dan Button.

struktur-linear-layout.png (51 KB)

Buat file layout baru dengan klik kanan di folder layout, kemudian pilih new -> Layout resource file. Pada jendela New Resource File masukan data seperti berikut :

  • File name : "activity_login"
  • Root element : "LinearLayout"
  • Biarkan opsi lain sebagaimana adanya.

Kemudian Klik OK.
 menambah-layout-baru.png (28 KB)

new-resource-file.jpg (46 KB)

Buka layout activity_login.xml yang telah dibuat. Sekarang kita dapat melihat LinearLayout dengan orientasi vertikal menjadi element root. Sekarang akan menambahkan widget TextView, EditText dan button menjadi anak dari Linearlayout. Silahkan ketik kode dibawah ke dalam activity_login.xml.

Daftar Untuk Lanjut Belajar Tutorial Mengenal LinearLayout

Sepertinya kamu belum daftar teknorial.com, ya ? Yuk klik tombol daftar supaya kamu dapat memulai belajar pemrograman gratis disni dan dapatkan notifikasi update kelas pemrograman ini dari kami memalui email.

Daftar Akun

Sudah memiliki akun? Klik disini untuk Log In.