Mengenal RelativeLayout. RelativeLayout merupakan ViewGroup yang menampilkan widget secara relative atau bebas. Posisi widget dapat dibuat spesifik terhadap widget seperti di samping kiri atau di atas sebuah widget lainnya. Posisi widget dapat juga dibuat spesifik di dalam parent (RelativeLayout) seperti di atas, di tengah atau di bawah. RelativeLayout dapat menghilangkan pengunaan nested viewgroup atau viewgroup bersarang sehingga hirarki dari layout menjadi sederhana atau flat, yang dapat menambah peforma.  
struktur-relativelayout.jpg (32 KB)
Kita dapat melihat gambar di atas merupakan contoh struktur layout dari RelativeLayout. Button 2 terletak di bawah dari Button 1, untuk membuat hal tersebut kita perlu menambahkan atribut  android:layout_below="@+id/btn_1" di widget Button 2. Untuk membuat widget Button 3 terletak di posisi tengah dari parent (RelativeLayout), kita cukup menambahkan atribut android:layout_centerInParent="true" di dalam widget Button 3. Terakhir, Untuk membuat widget Button 4 terletak paling di bawah terhadap parent(RelativeLayout), tambahkan atribut android:layout_alignParentBottom="true" di dalam widget Button 4. Banyak lagi atribut posisi yang dimiliki oleh RelativeLayout, kamu bisa pelajari lebih lanjut disini. 

Daftar Untuk Lanjut Belajar Tutorial Mengenal RelativeLayout

Sepertinya kamu belum daftar teknorial.com, ya ? Yuk klik tombol daftar supaya kamu dapat memulai belajar pemrograman gratis disni dan dapatkan notifikasi update kelas pemrograman ini dari kami memalui email.

Daftar Akun

Sudah memiliki akun? Klik disini untuk Log In.