Untuk menjalankan Aplikas Android kamu bisa menggunakan emulator (Android Virtual Device) atau Real Device seperti pada Smartphone Android. Berikut tahapan membuat emulator di Android Studio,

1.  klik menu Tools, kemudian pilih AVD Manager. 

avd manager

2. Pada jendela Android Virtual Device Manager. Klik + Create Virtual Device. 

android virtual device manager

3. Pada Select hardware, Pilih Kategori Phone dan Pilih Pixel 2. Kemudian Klik next.

konfigurasi perangkat virtual

4. Pada System Image, kita bisa memilih menggunakan Versi Android seperti Q, Pie, Oreo, Naugat dan versi Android lainnya. Disini kamu harus mendownload system image pada versi Android yang kamu pilih dengan klik tulisan download disebelah nama versi android. Setelah kamu berhasil mendownload system image, klik next untuk melakukan konfigurasi pada android virtual device yang kita buat.

system image perangkat virtual

5. Pada Jendela Virtual Device Configuration, kita bisa melihat konfigurasi Android Virtual Device yang telah dibuat. Kamu bisa mengubah konfigurasi orientasi layar awal dengan memilih portrait atau landscape. Jika ingin melakukan konfigurasi lainnya seperti jumlah RAM atau Memory Internal, kamu bisa lihat Show Advanced Setting. Kemudian klik finish untuk membuat emulator. 

final konfigurasi perangkat virtual

Emulator atau Android Virtual Device sudah kita buat. Untuk menjalankan project android, klik menu Run dan pilih Run ‘app’.

run app

Pada Jendela Select Deploymen Target, pilih emulator sudah kita buat, kemudian klik OK.

pilih perangkat run app

Setelah klik OK maka aplikasi akan muncul pada emulator android. Silahkan tekan Button Sentuh Aku untuk menguji fungsi dari listener yang sudah kita buat. Jika aplikasi berfungsi dengan baik maka akan seperti gambar di bawah.

aplikasi sentuh aku di emulator

Kita telah berhasil membuat aplikasi Android Sederhana dengan Button yang memiliki event saat disentuh. Ini awal yang baik untuk membuat kita bisa mengembangkan aplikasi Android lebih lanjut. Demikian tutorial Menjalankan Aplikasi Android Menggunakan Emulator. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengikuti tutorial ini, jangan ragu untuk bertanya di kotak komentar. Terima Kasih