1 . Apa itu Arduino

apa-itu-arduino.png (52 KB)

Arduino adalah papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler atau IC (integrated circuit) dengan jenis AVR yang bisa diprogram menggunakan software Arduino IDE. Tujuan menanamkan program pada IC  adalah agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memproses input tersebut dan kemudian menghasilkan output sesuai yang diinginkan. Jadi dapat kita simpulkan IC bertugas sebagai ‘otak’ yang mengendalikan input, proses dan output sebuah rangkaian elektronik.


2 . Bahasa Pemograman Yang Di Gunakan

Bahasa-Pemograman-Yang-Di-Gunakan.png (103 KB)

Bahasa yang dipakai dalam Arduino menggunakan bahas C, bahasa yang di gunakan adalah bahasa C for Arduino atau bahasa C yang sudah disesuaikan dengan hardware Arduino. file Arduino yang di simpan akan berektensi code .ino.  bahasa ini sudah dipermudah menggunakan fungsi-fungsi yang sederhana dengan bantuan pustaka-pustaka (libraries) Arduino. Sehingga orang awam pun bisa mempelajari Arduino dengan mudahnya.

Untuk panduan bahasa pemograman Arduino beserta dengan contoh-contohnya bisa dibaca di halaman http://Arduino.cc/en/Reference/HomePage . Untuk mendowload pustaka-pustaka (libraries) dapat mendownload di halaman https://www.Arduino.cc/en/reference/libraries .


3 . Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Arduino

Apa-Saja-Yang Bisa-Dilakukan-Arduino.jpg (58 KB)

Kegunaan Arduino sangat bervariasi tergantung dari kreatifitas kita. Sebagai contoh untuk mengatur ON/OFF lampu bisa menggunakan android dengan bantuan Module Bluetooth HC-05 dan module relay. Bisa juga mengontrol perangkat elektronika melalui internet dimanapun Anda berada. Dan hal ini sering disebut dengan istilah Internet of Things (IoT) dengan menggunakan module ESP8266. Atau mengirim pesan sms dengan module GSM SIM800L. dan masi banyak modul lainya yang sesuai kebutuhan project yang ingin kalian bangun.


4 . Kelebihan Arduino

a. Sudah memiliki sarana komunikasi USB, sehingga pengguna Laptop yang tidak memiliki port serial/RS323 bisa menggunakan nya.

b. Bahasa pemrograman relatif mudah karena software Arduino dilengkapi dengan kumpulan library yang cukup lengkap dan gratis yang bisa didownload di website resmi Arduino. Dengan ditambahkannya library serta beragam fungsi standar membuat Ardunio bisa dipelajari dengan lebih mudah.

c. Memiliki modul siap  pakai yang bisa ditancapkan pada board Arduino. Misalnya shield GPS, Ethernet, SD Card, dll. Dan juga modul tambahan lain untuk kebutuhan Kontrol elektronik

d. Software ataupun hardware Arduino bersifat open source sehingga kita akan dapat membuat tiruan, board maupun clone yang kompatibel tanpa membeli board asli. 

e. Arduino memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga dapat dengan mudah dibawa kemanapun kita pergi.

Demikian tutorial Pengenalan Arduino. Selanjutnya kita akan belajar Instalasi Arduino IDE. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar. Terima Kasih :)