Kita telah mempelajari tutorial sebelumnya bahwa Activity merepresentasi satu layar dengan user interface. contoh, Sebuah aplikasi email memiliki activity yang menunjukkan daftar email baru, dan activity lainya seperti menulis email dan membaca email. Kegunaan Intent disini adalah untuk berinteraksi antara kedua Activity. Intent juga dapat membawa data dari satu Activity ke Activity lainnya dan membawa kembali data ke activity satu setelah proses mengambilan data dari Activity kedua selesai.

Berikut gambaran hubungan antara Activity dan intent.  

pengenalan-intent-di-android.jpg (115 KB)

1. Jika salah satu email ditekan maka akan masuk ke dalam DetailEmailActivity. Berikut contoh kode bagaimana cara memanggil DetailEmailActivity melalui InboxActivitity.

Intent i = new Intent(InboxActivity.this, DetailEmailActivity.class);
startActivity(i);

2. Saat berada di DetailEmailActivity. Jika user menekan tombol back maka akan kembali pada InboxActivity. Bagaimana proses ini terjadi? Semua Activity di tampung ke dalam tumpukkan yaitu Back stack. Pertama user membuka aplikasi Email, maka InboxActivity menjadi posisi paling atas dalam backstack dan user dapat melihat tampilan dari InboxActivity.  Ketika User menekan salah satu daftar email, maka DetailEmailActivity dalam back stack menjadi posiss paling atas dan InboxActivity diberhentikan (onPause) dan menjadi diposisi dua dalam back stack. Ketika User menekan tombol back maka DetailEmailActivity dihancurkan (onDestroy) dan InboxActivity menjadi muncul kembali. Kita dapat simpulkan bahwa Activity yang masuk terakhir dalam back stack maka akan keluar lebih dulu. Berikut Gambaran proses di dalam back stack saat kita melakukan perpindahan Activity. Disini kotak hijau merepresentasikan sebuah back stack.

backstack-di-android.jpg (65 KB)

Demikian tutorial pengenalan Intent di android. Kita telah belajar tentang konsep intent dan mengetahui proses di belakangnya, ini sangat baik buat kamu untuk membuat aplikasi yang lebih baik kedepannya. Subtutorial selanjutnya, kita akan memulai mencoba membuat activity baru dan melakukan interaksi antara Activity. Terima kasih, terus mulai untuk belajar. :)