Untuk menguji apakah proses menyesuaikan settingan port, board sudah sesuai supaya proses upload sudah berhasil dilakukan nantinya, maka langkah selanjutnya kita akan membuka contoh program yang sudah disediakan. Kita akan mengambil contoh program Blink, dapat di buka di File\ Examples\01.Basics\ Blink.

Contoh-Program-Blink.png (122 KB)

Program blink sudah muncul di Arduino Sketch.

Program-Blink.png (98 KB)

Setelah jenis Board dipilih berserta COM Ports-nya, maka langkah selanjutnya kamu bisa langsung mengupload program ke Board Arduino. Pada contoh di atas, program yang saya upload adalah contoh program Blink, dimana program tersebut akan menyebabkan led pada pin 13 Arduino Board berkedip dengan interval high 1000 milisecond atau 1 detik dan  low 1000 milisecond atau 1 detik. Status bar Uploading menujukan program sedang di upload ke Board Arduino. Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai. Saat proses upload, Lampu LED RX dan TX pada papan Arduino akan berkedip-kedip.

Upload-Program-Blink.png (143 KB)

Jika proses upload berhasil maka akan muncul pesan Done uploading pada status bar.Sekarang kamu bisa melihat led pada pin 13 Arduino Board Berkedip untuk interval 1 detik. Kamu bisa mengganti interval tersebut pada Sketch sesuai dengan kebutuhanmu dan mengupload ulang sesuai langkah di atas.

Done-uploading-program-blink.png (113 KB)

Setelah kalian sukses Instalasi Arduino IDE. Selanjutnya kita akan belajar Pengenalan Menu Tampilan Software Arduino IDE. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar. Terima Kasih :)