Pada saat ini, activity_main.xml (res/layout/activity_main.xml) merupakan layout user interface dari activity yang telah dibuat otomatis yaitu MainActivity. Pada saat kita membuka activity_main.xml kita bisa melihat jendela editor dan preview muncul seperti pada gambar berikut.

Editor merupakan tempat untuk kita melihat dan mengubah source code dari file yang kita pilih. Untuk file design layout kita dapat langsung melihat preview disebelahkan kanan. Sekarang kita akan membuat layout antar muka sesuai dengan rancangan sebelumnya. Ubah activity_main.xml menjadi seperti berikut. 
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    tools:context=".MainActivity">

    <Button
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:layout_centerHorizontal="true"
        android:layout_centerVertical="true"
        android:text="Sentuh Aku" />
</RelativeLayout>

Setelah kita masukkan kode diatas maka preview layout akan seperti berikut.

preview-layout-di-android-studio.jpg (13 KB)

Pada activity_main.xml kita dapat melihat RelativeLayout sebagai element root atau element utama dan memiliki satu anak yaitu Button. RelativeLayout merupakan ViewGroup yang menampilkan widget secara relative atau bebas. ViewGroup adalah container atau wadah yang dapat menampung dan mengatur widget lainnya, bahkan ViewGroup itu sendiri. ViewGroup lainnya adalah LinearLayout, FrameLayout, TableLayout dan ConstraintLayout.